IMG-LOGO
Berita Lokal

Pemerintah Desa Gondosuli Melakukan Upaya Mewujudkan Desa Cerdas dengan Melakukan Study Banding Ke Desa Cemani, Kec. Grogol, Kab. Sukoharjo

Create By Agus Hartanto 18 September 2023 150 Views
IMG

Desa Gondosuli merupakan salah satu desa yang ditunjuk untuk menjadi lokus Desa Cerdas di Kabupaten Magelang. Desa cerdas itu sendiri menurut Kepala Pengembangan Daya Saing (Pusdaing) Kemendes, Ibu Helmiati Nuhung adalah konsep pendekatan pembangunan yang mendorong desa untuk melakukan transformasi pemanfaatan teknologi, dan ditujukan peningkatan kualitas layanan dasar serta pembangunan desa berbasis pemberdayaan masyarakat yang inklusif dan berkelanjutan. "Berbagai upaya akan kami lakukan semaksimal mungkin untuk mewujudkan terselenggaranya Desa Cerdas, salah satunya dengan mengadakan studi banding ke Desa Cemani ini", ujar Bapak Bambang Haryanto, selaku Kepala Desa Gondosuli.

Desa Cemani sebagai salah satu desa yang dianggap layak sebagai contoh baik desa cerdas yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Maka dari itu pada hari Kamis (14/10/2023), Pemerintah Desa Gondosuli yang di wakili oleh Kepala Desa, Sekretaris Desa, dan Kader Digital beserta Perwakilan lokus Desa Cerdas Fase II Kabupaten Magelang lainnya melakukan kunjungan ke Desa Cemani, Kecamatan Grogol, Kab. Sukoharjo. 

Kedatangan rombongan dari Desa Cerdas Fase II Kabupaten Magelang disambut dengan sangat baik oleh jajaran pemerintah Desa Cemani. Agenda kunjungan diawali dengan pemaparan dan pengenalan mengenai Desa Cemani oleh Kepala Desa Cemani, yaitu Bapak Hadi, S.T. Kemudian dilanjutkan isoma selama 30 menit. Setelah isoma, rombongan diajak untuk melihat unit usaha BUMDES Desa Cemani. Beberapa unit usaha BUMDES yang dikelola yaitu kolam pemancingan, gedung pertemuan, angkringan, dll. Setelah puas melihat dan mengamati unit usaha yang dikelola BUMDES, perjalanan dilanjutkan menuju Kampung IT. 

"Kunjungan ini diharapkan berdampak baik bagi Desa Gondosuli maupun desa-desa lain yang menjadi lokus Desa Cerdas di Kabupaten Magelang" Kata Bapak Hadi., S.T. (Teks: SMM)

 

 

96,8 FM Radio Gemilang

Konten Populer - Berita Lokal